Bilik Kata

Berbagi lewat bahasa, sastra, dan budaya

Air Terjun Sri Gethuk

Tinggalkan komentar

Teman-teman yang tinggal di area Daerah istimewa Yogyakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Playen Gunung Kidul ini banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Tempatnya terjangkau, tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta dan jalan menuju ke sana cukup mulus.

Dari lokasi parkir kendaraan kita masih harus berjalan menurun beberapa ratus meter ke dermaga kecil di tepi Sungai Oya. Namun jangan khawatir, sudah ada anak tangga yang bisa kita susuri jadi kita tidak kesulitan mencapai dermaga tersebut. Lalu kita naik perahu dengan tiket yang cukup murah untuk menuju air terjun. Pemandangan yang kita lihat sungguh elok dengan warna hijau yang dominan, berpadu dengan birunya langit yang menawan. Saya lantas berimajinasi, seakan saya berada di negeri para hobit seperti yang digambarkan di novel-novel J.R.R. Tolkien. Hutan dan sungai dengan penghuninya yang penuh misteri. Barangkali saja hujan itu bisa bercerita, pohon-pohonnya hidup dan berbicara. (Ah, saya terlalu banyak berimajinasi).

Singkat cerita sampailah kita ke air terjun yang sungguh indah. Di antara kehijauan hutan dan air sungai, ada air yang memancar dengan indahnya dari atas bukit. Benar-benar lukisan alam yang menyimpan segala keagungan Sang Pencipta. Para pengunjung biasanya menceburkan diri di genangan air di bawah air terjun itu. Yang tidak ingin berbasah-basah bisa berswafoto di sekitarnya. Rasanya betah berlama-lama di situ kalau saja kita tidak terpenjara oleh waktu. Bila pengunjung merasa haus dan lapar, di sekitar jalan menuju dermaga juga ada warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman. Ada gorengan tahu isi, bakwan, tempe kemul, pisang, ada juga teh, kopi, dan kelapa muda. Oleh-oleh untuk dibawa pulang juga ada, makanan-makanan asli Gunung Kidul yang terbuat dari singkong banyak tersedia. (Y. Niken Sasanti)

Penulis: niken65

Saya adalah seorang guru, pencinta bahasa, sastra, budaya, dan pendidikan

Tinggalkan komentar