Bilik Kata

Berbagi lewat bahasa, sastra, dan budaya

Pengumuman Kelulusan dan Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun 2020

1 Komentar

Assalamualaikum.W.W.

Syalom,

Om Swastiastu

Namo Budaya

Bapak ibu guru, bapak ibu orang tua siswa yang saya hormati serta anak-anakku siswa kelas IX SMPN 1 Yogyakarta yang saya sayangi dan saya banggakan, baik yang di sekolah maupun di rumah. Apa kabar semuanya? Semoga semua sehat dan bahagia dimasa pandemik covid-19 ini. Syukur kepada Tuhan karena rangkaian kegiatan akhir tahun ajaran untuk anak-anak kelas 9 berupa latihan soal daring maupun tes daring sudah terlaksana. Setelah nilai yang kalian peroleh diolah bapak ibu guru digabungkan dengan rapor lima semester, nilai tugas, maupun portofolio kalian, maka semua anak mendapatkan nilai yang memenuhi syarat kelulusan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, dengan bahagia dan bangga, seluruh siswa kelas 9 SMPN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 251 siswa dinyatakan lulus 100 persen. Untuk itu saya ucapkan selamat kepada anak-anak beserta orang tua. Semoga kelulusan ini menjadi berkah yang membahagiakan keluarga. Harapan kami, anak-anak semua dapat melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi dan mendapatkan sekolah-sekolah yang diinginkan.

Terima kasih kepada Bapak Ibu Guru yang sudah mendidik anak-anak dengan baik selama tiga tahun ini. Terima kasih kepada orang tua yang selalu mendukung pendidikan bagi putra-putrinya. Terima kasih kepada Dinas Pendidikan yang sudah mendampingi kami semua.

Bapak ibu serta anak-anak yang berbahagia, pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa kali ini dilaksanakan secara online melalui live streaming di youtube maupun melalui zoom meeting dan diikuti seluruh siswa, orang tua, maupun bapak ibu guru. Yang hadir di sekolah hanya perwakilan saja dan tetap jaga jarak serta mengikuti protokol pencegahan penularan covid-19. Meskipun demikian, semua ini tidak mengurangi maknanya. Terima kasih kepada orang tua dan berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini.

Pada kesempatan ini dengan bahagia dan bangga saya mengumumkan siswa-siswa terbaik di angkatan ini:

Siswa-siswa terbaik dalam tes daring dalam masa pandemi covid-19

Sepuluh siswa terbaik dalam nilai gabungan:

Juara tiap kelas (yang mewakili dalam acara pelepasan siswa)

9A: NAZHIFA NASYWA NISRINA,                                             Rata-rata: 86,55

9B: MAHARANI ZALFAA NIRINA,                                             Rata-rata: 85,09

9C: YOHANA VIVIANDARU PURWA ANINDYA,                  Rata-rata: 87,27

9D: GRISELDA CLARA XAVERIA ANGEL NAPITUPULU,   Rata-rata: 85,18

9E: KHANSA SHAFIRA RETYAPUTRI,                                      Rata-rata: 86,27

9F: SAFINA AUDREY,                                                                    Rata-rata: 86,27

9G: NAIDA ZORANIA PRIYANTONO,                                       Rata-rata: 88,09

      NURIYATUL AINI SA’DIYAH,                                               Rata-rata: 88,09

9H: JASMINE NUGRAHENI,                                                         Rata-rata: 87,18

Bapak ibu dan anak-anak yang berbahagia. Saya mengapresiasi para guru, para orang tua, maupun para siswa yang sudah bekerja sama dengan baik melaksanakan program Belajar dari Rumah (BDR) saat pandemi covid-19 ini. Terima kasih juga kepada Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang sudah memberikan arahan yang jelas terkait BDR. Terima kasih semuanya. Kita memahami bahwa tujuan BDR adalah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Semua menjadi serba terbatas. Maka kita harus menyikapinya dengan bertindak arif sesuai anjuran Pemerintah, dan sedapat mungkin tetap produktif berkarya.

Angkatan ini adalah generasi emas yang luar biasa. Anak-anak dapat melalui pembelajaran jarak jauh dan lulus semua di tengah pandemik covid-19. Angkatan ini adalah generasi yang akrab dengan teknologi, dapat belajar mandiri, tegar, dan tangguh. Salut buat anak-anak semua. Jarak dan waktu memang memisahkan kita, namun teknologi mendekatkan kita. Dan yang pasti hati kita tetap dekat satu sama lain dalam satu keluarga besar SMP Negeri 1Yogyakarta, Satria Siaga yang kita banggakan.

Selama BDR, anak-anak tidak dapat bertemu dengan teman atau bapak ibu guru. Maka bagi anak-anak dalam masa pandemik ini yang penting bukan lagi belajar apa, belajar dengan siapa, belajar di mana, dan berapa lama belajar, melainkan yang penting adalah tetap belajar. Masa-masa di SMP hanya sekilas dan sebentar lagi akan menjadi kenangan, namun belajar adalah sepanjang hayat. Raihlah mimpi, raihlah cita-cita, dan tetaplah memupuk harapan. Jangan lupa sekarang kalian tidak lagi menjadi siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta, melainkan alumni SMP 1 dan akan menjadi bagian dari Paguyuban Alumni SMP Negeri 1 Yogyakarta (PASTU). Oleh sebab itu, jagalah nama baik almamater kalian.

Kini saatnya kami menyerahkan anak-anak kembali kepada orang tua. Tak lupa kami mohon maaf kepada orang tua dan anak-anak bila pelayanan kami selama anak-anak mengikuti pendidikan di SMP 1 ada kekurangannya. Anak-anakku, sekali lagi selamat ya. Doa dan kasih kami menyertai kalian.

Wasalamualaikum W.W.

Syalom,

Om Swastiastu

Namo Budaya

Yogyakarta, 5 Juni 2020

Kepala SMPN 1 Yogyakarta

Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd.

Penulis: niken65

Saya adalah seorang guru, pencinta bahasa, sastra, budaya, dan pendidikan

One thought on “Pengumuman Kelulusan dan Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun 2020

  1. Selamat buat siswa-siswi SMPN 1 Yogyakarta yang sudah lulus di tengah pandemi covid. Semoga kelulusan ini menjd berkah dan semoga mendapatkan sekolah yg diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s